Jumat, 01 Desember 2017

Pengertian Puisi

pada kesempatan yang berbahagia ini akan kami sampaikan sedikit perihal pengertian puisi. saya tahu para pembaca sudah pernah membaca puisi tapi tidak mengertia apa itu puisi. jadi kami berinisiatif untuk membuat postingan ini
Pengertian Puisi  - meski tidak semua orang ahli dalam membuat puisi, tapi setiap orang pasti sudah tahu dan tahu apa itu puisi. Puisi sering dikatakan sebagai karya sastra yang berisi tentang kata-kata indah untuk diceritakan pada subjek yang dibahas di dalamnya oleh sang penyair-pencipta. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa sebelum mengetahui sebuah puisi baru yang tidak terikat aturan masih ada puisi tua yang terikat oleh semua peraturan yang ada.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi puisi kuno adalah puisi yang terikat oleh peraturan yang ada mulai dari sajak, irama dengan jumlah garis dan ditandai dengan bahasa padat. Sangat mudah untuk membedakan antara puisi lama dan sebuah puisi baru. Untuk membedakannya, ada ciri dan jenis puisi tua yang harus diketahui.


Fitur puisi tua
Karakteristik sebuah puisi tua adalah:
• Tidak diketahui siapa penulisnya karena ia biasanya berasal dari cerita rakyat atau puisi populer.
• Karena tidak diketahui siapa penulisnya, maka pastinya sudah ada puisi tua yang tersebar secara lisan atau kata dari mulut ke mulut.
• Puisi lama tampak kaku karena mereka terikat oleh peraturan tertentu seperti sajak, ritme, pajak, jumlah baris dan sebagainya.

Jenis puisi kuno

Puisi-puisi lama dibagi menjadi beberapa jenis, sedangkan yang lama adalah sebagai berikut:

1. Puisi

Puisi adalah puisi tua yang berisi sejarah atau sejarah dengan sajak-a-a-a-a dan terdiri dari 4 baris.

2. Pantun

Pantun juga merupakan bentuk dari puisi 4 baris lama, terdiri dari 8-12 suku kata di setiap baris dan berirama a-b-a-b.

3. Talibun

Talibun adalah sejenis puisi tua atau bisa juga disebut pantun karena terdiri dari 6 sampai 10 baris.

4. Seloka

Seloka adalah salah satu sejenis puisi tua yang berisi pepatah atau gambar yang berisi lelucon, Sindirian dan bahkan olok-olok.


5. Gurindam

 Gurindam adalah puisi lama yang terdiri dari 2 baris dan berisi saran atau saran dengan berapa a-a-a-a atau a-a-b-b-c-c.

6. Karmina
 Karmina juga merupakan puisi dalam bentuk puisi dua helai atau sajak Flash, baris pertama sebagai sampiran, baris kedua sebagai konten dan baris berikutnya berisi satire dengan sebuah puisi.
7. Mantra

Berikutnya adalah Mantra, Mantra adalah semacam puisi tua yang kata-kata atau lafalnya dianggap sebagai kekuatan magis atau supranatural.


Begitu sedikit ulasan tentang makna puisi kuno, fitur dan tipe. Artikel ini kami ulas dengan menggunakan rujukan ke situs belajarsastra dan dunia puisi. Ini bisa bermanfaat. Mishba7 Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar